Categories
Pelajaran Hidup

Mulailah Kebiasaan Baik Dengan Tips Ini !

Home » Pelajaran Hidup » Mulailah Kebiasaan Baik Dengan Tips Ini !

Kebiasaan sehari-hari (terutama kebiasaan baik) dapat menentukan laju hidup kita di masa depan. Sayangnya, konsep ‘positive habit’ rasanya jarang banget untuk dibahas, malah ada yang meremehkan. Ada juga yang mengecap negatif kata ‘kebiasaan’. Lo pasti pernahlah jadi saksi:

“kebiasaan lo”

“kebiasaan banget sih”

Mengapa membahas kebiasaan?

Buku “Atomic Habit” dari James Clear membuat gue sadar seberapa pentingnya kita untuk perhatiin apa sajaa habit yang kita punya. Yang harus lo tau, membangun kebiasaan baik selagi kita masih mudah akan mempunyai dampak sangat, amat positif di beberapa waktu kedepan.

Ironisnya, kebiasaan baik jauh lebih susah untuk dibangun dibandingkan dengan kebiasaan buruk.

Kenapa?

Karena mayoritas kebiasaan buruk akan menghasilkan kenikmatan instan yang sifatnya hanya sementara. Tapi, kebiasaan buruk akan hanya menghancurkan lo if we think long-term.

Bagaimana Cara Gampang Membangun Kebiasaan Baik?

1. Niat dan tujuan

Of course, seperti halnya aktifitas yang kita udah lakuin, atau yang kita nikmati, harus ada yang namanya niat. Lo harus niat dan sadar bahwa mencoba untuk melakukan kebiasaan baru itu butuh komitmen yang besar. Komitmen pun ga datang dengan sendirinya. Butuh tujuan yang solid untuk merangkai komitmen yang kuat.

Mungkin ada beberapa dari lo yang mengakui seberapa lemahnya mental lo dalam berkomitmen. Menurut gue, kuncinya cuma satu, dan sudah disinggung oleh suatu entitas di Indonesia:

“Mulai aja dulu” (Semoga tidak ada copyright)

Dengan mind-set ini, lo meyakini diri lo sendiri kalo melakukan hal baru itu tidak seberat yang diri lo kira. Dan dengan menanam mind-set ini, you will save a lot of time trying to break walls.

Mulai aja dulu karena hidup itu sesaat. Mulai aja dulu karena untuk memulai kebiasaan baik, dibutuhkan niat dan komitmen yang terintegrasi. Gue rasa, inilah rintagan terbesar kita.

2. Jangan lama-lama (It’s all about consistency)

Kebiasaan itu macem-macem bentuknya, dan mereka datang dari niat yang beraneka ragam. Ada yang mau berotot, ada yang mau punya banyak uang, ataupun sekedar iseng. Kalo kita ingin membuat sebuah kebiasaan positif, pastikan jangan lama-lama.

Setelah gue baca buku Atomic Habit, gue sadar betapa pentingnya konsistensi dibandingkan dengan volume. Kebiasaan yang ingin gue kembangkan setelah membaca buku ini adalah untuk push-up setiap hari.

Sebagai manusia yang sangat inkonsisten dalam berolah raga, push-up itu ga gampang. Gue memutuskan untuk mulai dengan 5 push up setiap hari. Setiap minggu gue tambah either the quantity or frequency of push ups. Kurang lebih seperti ini

Gue ngerti, keliatanya gue lemah. Tapi inget, bukan itu pelajaran yang harus diambil sob. 3 bulan sejak mulai, gue bersyukur masih melakukan kebiasaan itu. Kalo lo melakukan ini, mungkin akan ada saat dimana setan dalam diri lo akan menghadang; disinilah dimana niat bakal teruji, dan hanya lo yang bisa melawan.

Mulailah Kebiasaan Baik Dengan Tips Ini !

Untuk gue pribadi, habit baru gue setelah itu adalah membaca buku 30 menit setiap hari, dan menabung.

Jadi, konsistensi itu adalah kunci. Jangan sampai lo mencoba melakukan kebiasaan baru dengan paksaan.

3. Monitor perkembangan lo

Langkah ini penting banget untuk dilakuin. You want to make sure there is a visual representation of your progress. Gue pribadi memonitor perkembangan gue dengan personal planner yang gue dapet dari usaha kecil-kecilan teman gue pas S2. Klik disini kalo mau rame-in trafficnya (Tenang, gue ga promosi, he is based in Thailand)

mulai kebiasaan baik
Sumber: https://www.welovebookpacker.com/

Caranya gampang kok, antara sehabis lo melakukan kebiasaan tersebut, atau sebelum tidur, track your progress visually. Kenapa visually? Menurut gue pribadi, melihat perkembangan secara visual bisa memotivasi gue lebih lanjut, apalagi kalo ga bolong – bolong.

Tapi sangat penting untuk diingat: kalo lo tiba-tiba lupa, alhasil menjadi bolong, jangan berkecil hati dan langsung restart keesokan harinya. Ini penting banget karena lo harus menghindari diri dari kekecewaan, yang berujung ke malas-malasan.

4. Buatlah kombinasi antara kebiasaan dan hobi.

Pas gue baru memulai kebiasaan untuk push-up, gue selalu push-up sehabis mandi sore. Pas gue baru memulai kebiasaan untuk baca, gue selalu baca sebelum gue tidur. Ini adalah contoh kombinasi, dimana gue melatih kebiasaan baru gue dengan mencampurnya dengan rutin gue.

Tenang, lo ga harus ngelakuin ini, tapi menurut gue, ini adalah salah satu tips paling keren yang gue dapet dari buku Atomic Habit. Trigger pun ngga harus di denga rutin, tapi bisa juga dengan hal yang lo seneng lakuin. Misalkan lo mau push-up, dan lo seneng main Mobile Legends

Push-up dulu sebelum Mobile Legends

Dengan kombinasi ini, beban lo di fase-fase awal akan terasa jauh lebih ringan, karena lo mengharuskan diri untuk push-up dulu, baru main ML. Lo ga harus ngelakuin ini selamanya kok. Inget tujuan dari tips-tips ini; memanfaatkan hal yang ada untuk berkomitmen.

Faedah

Pointers ini sekedar membimbing kalian untuk, at least, mencoba kebiasaan baik yang baru. Saat artikel ini ditulis, pandemi 2020 masih berlangsung. Jadi, apa salahnya kita mencoba hal baru dengan cara mulai dikit-dikit. Cara ini tidak hanya memberikan tips untuk mengadopsi habit baru, tapi juga mengajarkan kalian mudahnya berkomitmen dengan adanya niat dan pemikiran skala panjang.

Thank you for reading this entry!

Don’t miss anymore entries. Subscribe now!