Categories
Keuangan

4 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Aman Finansial

Home » Keuangan » 4 Hal Yang Bisa Bikin Kamu Aman Finansial

Aman finansial bisa menjadi suatu hal yang sangat mudah untuk dicapai dengan adanya komitmen. Untuk guest writer pertama dalam sejarah Dream Brinjal blog, teman gue dari Billennials Club, Dewa akan membagikan insightsnya sebagai seorang Financial Advisor.

Perkenalan diri

HALO GENGS!

Salam kenal, ini dengan Dewa dari Billennials Club. Sebagai seorang Financial Advisor, saya mau membagikan beberapa tips nih yang berguna banget untuk mencapai keamanan finansial!

Sebelumnya saya mau perkenalkan diri dulu nih, saya adalah seorang Prudential Financial Advisor dari group Billennials Club. Billennials Club adalah sebuah komunitas bisnis sekaligus tim yang mencakup financial advisors profesional yang berpartner dengan PT. Prudential Life Assurance. jadi, kami bukanlah seorang trainer melainkan praktisi yang terjun langsung di lapangan dalam membantu masyarakat memiliki rencana keuangan.

Billennials Club diambil dari kata billionaire dan millennials yang berarti kumpulan miliarder yang berjiwa millennials (muda). Kami membantu client untuk memiliki rencana keuangan yang ideal dengan memberikan saran dan opsi-opsi yang ada demi mencapai tujuan setiap client. Mulai dari dana pendidikan anak, dana pensiun, dana warisan, dan masih banyak lagi.

Visi kami adalah kesejahteraan yang dimiliki setiap masyarakat, setiap masyarakat yang memiliki rencana keuangan sejak dini. Kami ingin seluruh masyarakat terutama di Indonesia memiliki rencana keuangan, dengan begitu masyarakat akan lebih terbantu dalam mencapai setiap tujuan-tujuan hidupnya.

Misi yang dilakukan adalah sharing kepada masyarakat luas tentang manfaat dan pentingnya rencana keuangan dalam hidup kita. Btw Follow yaa akun kita di Instagram @billennials.club 😀

Kembali ke akarnya

Pada dasarnya rencana keuangan itu adalah strategi untuk mencapai tujuan-tujuan kita. Kita setuju bahwa semua kalangan masyarakat ingin mencapai tahap financial freedom atau bebas finansial. Pada tahap ini kita dapat memiliki apapun yang kita inginkan tanpa harus memikirkan permasalahan keuangan.

Namun perlu disadari bahwa untuk mencapai tahapan tersebut ada prosesnya dan tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu, yaitu aman finansial. Aman finansial menjadi fondasi rencana keuangan kita dalam mencapai apapun tujuannya. sebagai contoh keuangan kita dapat digambarkan seperti pohon di bawah ini:

Source: Google Images

Dapat kita lihat bahwa pohon tersebut bisa berdiri kokoh karena memiliki akar yang kuat. Memang akar itu tidak terlihat, bahkan hanya sebagian kecil yang terlihat dibagian luar. Namun ini yang menjadi fondasi utama dalam berproses mencapai tujuan-tujuan finansial dalam hidup.

Pada kesempatan ini saya akan sharing sedikit mengenai 4 hal yang bisa bikin kita aman secara finansial.

Aman finansial adalah sebuah proses yang memiliki fase. Setiap fase memiliki tantangan yang berbeda-beda. Yuk kita simak pembahasan berikut ini:

1. Cashflow review

Tidak sedikit teman-teman Gen Z dan Millennials yang belum kenal dengan karakter finansialnya sendiri. mengenal karakter finansial diri adalah fase pertama yang harus kita lewati, karena dengan mengenal diri sendiri, kita akan lebih mudah mengatur strategi yang bisa membantu kita mencapai tujuan-tujuan kita.

Ada banyak cara dalam mengenal karakter finansial kita, salah satunya ialah dengan melakukan cashflow review. Me-review cashflow kita dapat membantu kita dalam mengenali karakter finansial setiap orang. tujuannya adalah demi memiliki keuangan yang sehat.

Tahap ini menjadi penting karena dengan ini kita dapat melakukan strategi ulang dan mengatur apa yang menjadi prioritas kita dalam jangka waktu tertentu (biasanya setiap bulan) dengan situasi dan kondisi yang kita jalani. Cashflow review juga tidak sembarangan, ada perhitungan yang perlu diperhatikan seperti fixed cost, variable cost, income, manajemen kredit, dan lain-lain.

Cashflow review bisa dilakukan sendiri dengan mengikuti tahapan-tahapan perhitungan yang benar, atau kita bisa meminta bantuan kepada financial advisor untuk mereview cashflow kita. Billennials Club menyediakan jasa konsultasi gratis untuk mereview cashflow kamu tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. so feel free untuk contact kami via social media kami di instagram @billennials.club yaa. kami akan bantu kamu untuk punya keuangan yang sehat.

2. ANTI #UTANGKONSUMTIF #UTANGKONSUMTIF CLUB

Nah ini yang dimaksud dengan manajemen kredit atau mengatur hutang yang kita miliki. Berhutang itu boleh.. tapi ada syaratnya untuk menjadi aman finansial, tidak boleh berhutang karena didasari hawa nafsu, pengen beli ini itu karena kepincut diskon & cashback sana sini yaa..

Sebaliknya, hutang yang diperbolehkan adalah hutang yang produktif. Contoh, kamu seorang desainer grafis, pekerjaan mu membutuhkan alat bantu seperti laptop, maka kamu boleh membeli laptop yang sesuai kebutuhanmu dengan kredit atau hutang, karena barang yang kamu beli adalah untuk menunjang bisnis kamu alias aset yang menghasilkan uang.

Bukan berarti ga boleh beli kebutuhan konsumtif seperti makanan/minuman yang lagi diskon & cashback yaa, tapi segala sesuatu yang berhubungan dengan hutang, itu harus di- budgeting setiap bulannya, dan khusus untuk hutang kosumtif itu harus segera dibayar pada saat tagihannya keluar yaa.

Bagi kamu yang ga punya hutang konsumtif, selamat! kamu sudah melewati tahap ni, dan dipertahankan yaa, semoga bisa jadi motivasi kamu dalam mencapai tujuan-tujuan finansial lainnya.

3. Emergency fund

Dana darurat adalah dana  yang digunakan pada saat keadaan darurat tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal. Misalnya, mungkin kamu memilki teman atau kerabat yang penghasilannya berkurang di masa covid-19. Sedangkan mereka tetap perlu pengeluaran untuk biaya hidup, dong? Nah, pada saat tidak terduga seperti ini dana darurat sangat bermanfaat.

Sedikit tips nih untuk teman-teman yang masih single dan belum memiliki tanggungan, kalian perlu memiliki dana darurat, seminimal-minimalnya, sejumlah 6 kali dari pengeluaran bulanan. Dan pastikan dua hal, yang pertama dana darurat kamu harus dalam bentuk liquid (contoh: cash di atm).

Dengan memiliki dana darurat yang liquid seperti cash di atm, kamu ga perlu repot-repot untuk menjual dana darurat kamu jika kamu simpan dalam bentuk lainnya. Contoh, kalau kamu simpan dana darurat kamu dalam bentuk emas, maka pada saat kamu memerlukannya untuk keadaan darurat kamu harus mencairkan emas tersebut menjadi cash terlebih dahulu, baru kamu bisa menggunakannya.

Yang kedua, dana darurat ini harus terpisah ya dari rekening konsumsi bulanan kamu agar tidak terganggu gugat! Kamu bisa siapkan dana daruratmu secara mandiri atau dengan bantuan financial advisor yang kamu percayakan.

Masih bingung dengan dana darurat? Kamu bisa konsultasi dengan @billennials.club untuk capai dan penuhi dana darurat kamu, kalo kamu single maupun udah married pasti punya permasalahan yang beda bukan? Tenang aja, karena kita saat ini memiliki puluhan client yang punya background berbeda-beda. Dan kami akan bantu kamu sesuai dengan profile kamu.

4. Punya asuransi kesehatan

Hah serius nih asuransi? Iya dong! Tingkat kesadaran berasuransi di Indonesia masih rendah loh, gengs. Hanya sekitar 50 juta jiwa  dari total 260 juta masyarakat di Indonesia yang memiliki asuransi (sumber: Data AAJI). Padahal, fungsi asuransi itu ibarat ‘satpam’ kondisi keuangan kita. Let’s say, ketika ada resiko sakit dan harus dirawat inap, kamu mau pakai uang yang mana untuk dipakai berobat?

Uang tabungan yang sudah ditabung sekian lama? Apa gak sayang? Minta lagi sama orang tua? Waduh, tega?

Asuransi kesehatan akan membantu kita menanggung biaya pengobatan, sehingga kita tidak perlu mengorbankan uang tabungan yang udah kita rencanakan dari awal untuk dana darurat, dana Pendidikan anak, dana pension dan lain-lainnya. Sehingga kita tidak sampai membebani orang tua atau keluarga. It’s a win win solution not only for you, but your loved ones!

Tapi patut diperhatikan juga, manfaat dari asuransi kesehatan yang kamu pilih, profile perusahaan dan profile servicing agent-nya.

Kami siap membantu!

Nah itu dia 4 hal yang bisa bikin kamu aman secara finansial! Gimana? Lebih jelas dong yaa? Kalau teman-teman disiplin melakukan ke 4 hal tadi, mungkin dampaknya tidak akan dirasa dalam jangka waktu dekat. Tapi dijamin deh, kamu ‘di masa depan’ akan berterima kasih dengan kamu ‘hari ini’ karena kamu telah mempersiapkan kondisi finansial yang kokoh dan aman!

Semoga bermanfaat ya gengs!

Jangan lupa share artikel ini untuk orang-orang yang kamu sayang ya 🙂

Mari wujudkan #IndonesiaMelekFinansial, #AnakMudaBisa!

By: Dewa Kanaratama dan Fauzielly Hudya
Financial Advisor and Founder of @billennials.club 

Feel Free untuk konsultasi GRATIS khusus teman-teman pembaca Dream Brinjal blog.

Thank you for reading this entry!

Don’t miss anymore entries. Subscribe now!